Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berupaya membendung penyebaran virus corona jenis baru itu melalui transmisi lokal.

"Saya mengimbau kepada warga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, penyebaran virus sekarang sudah didominasi dari transmisi lokal," kata Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Bangka Selatan Supriyadi di Toboali, Jumat.

Ia menjelaskan, lima kasus warga positif virus corona dalam beberapa hari ini didominasi berasal dari transmisi lokal.

"Empat dari lima kasus adalah transmisi lokal, satu merupakan kasus import case," ujarnya.

Ia menjelaskan, pada Jumat (1/1) sore ada tambahan dua kasus positif virus corona, yaitu Lk (37) dan Hm (24) yang terpapar dari transmisi lokal.

"Keduanya merupakan hasil penelusuran warga terkontak, dinyatakan positif terpapar virus corona dari orang tanpa gejala," ujarnya.

Data tabulasi perkembangan kasus virus corona baru di daerah setempat pada Jumat (1/1) hingga pukul 20:18 WIB mencatat sebanyak 40 warga terkonfirmasi positif terpapar virus corona, dengan rincian 28 dinyatakan sembuh, satu meninggal dunia dan 11 pasien masih dalam perawatan.

Supriyadi menjelaskan persentase sembuh per kasus tercatat 70 persen dan persentase meninggal dunia 2,5 persen.

Sebanyak 194 warga setempat dinyatakan suspect corona dan 499 warga terkontak erat dengan pasien yang pernah terpapar virus corona jenis baru itu.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021