Pangkalanbaru, (ANTARA Babel) - Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman Djohan, mengatakan, acara "Bangka Tengah Heritage" akan menjadi ajang memperkenalkan budaya bangsa pada para pemuda.

"Bangka Tengah Heritage menjadi momen kita untuk kembali memperkenalkan budaya bangsa, utamanya budaya Melayu, pada para pemuda," kata Bupati Erzaldi di Pangkalanbaru, Sabtu.

Erzaldi menilai nilai-nilai kebudayaan Melayu di antara pemuda saat ini sudah mulai luntur, oleh sebab itu perlu dilakukan revitalisasi.

"Terkait dengan hari Sumpah Pemuda, Bangka Heritage akan menjadi alat untuk kembali mengenalkan budaya luhur bangsa kita pada para pemuda dengan cara yang menyenangkan, bukan lewat buku sejarah atau petuah-petuah," kata dia.

Bupati menilai, pemuda adalah aset bangsa yang paling berharga, oleh sebab itu penanaman nilai-nilai luhur bangsa perlu dilakukan untuk meneruskan falsafah bangsa.

"Dalam acara Bangka Tengah Heritage digelar berbagai acara, seperti pernikahan masal, lomba foto, konser grup musik Ada Band, dan berbagai workshop. Pada acara tersebut, secara tidak langsung para pemuda dikenalkan pada budaya asli kita seperti gotong royong dan menghargai sesama," kata dia.

Sementara itu, "Explore Bangka Heritage" adalah pagelaran budaya dan seni yang diadakan sejak Kamis (25/10) hingga Jumat (2/11).

Acara tersebut adalah etalase bagi turis lokal dan asing untuk menikmati alam dan budaya Bangka Tengah.

"Explore Bangka Heritage digelat bertepatan dengan acara "Sail Morotai", sekitar 102 yachter dari berbagai negara singgah di Pulau Ketawai, Bangka Tengah itu.

Pewarta: Ida Nurcahyani

Editor : Ida


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2012