PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung menggelar touring menggunakan motor listrik sejauh 280 kilo meter (KM) pada Sabtu (09/01). Touring yang dimulai dari kota Mentok dan berakhir di kota Toboali ini hanya membutuhkan listrik sebanyak 5,9 kWh atau setara dengan Rp8.524. 

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menggunakan dua motor listrik dari dua pabrikan yang berbeda ini selaras dengan Perpres No.55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan raya. 
 
 

“Melalui kegiatan ini kami ingin menyimulasikan, bahwa motor listrik kini dapat digunakan untuk menempuh jalanan di Bangka Belitung dengan mudah dan murah. Pengendara dapat melakukan pengisian baterai kapan pun, dimana pun,” Jelas General Manager PLN UIW Babel, Abdul Mukhlis. 

Untuk menyelesaikan perjalanan ini, peserta touring melakukan beberapa kali perhentian di warung-warung sepanjang jalan raya Mentok-Toboali untuk beristirahat sekaligus melakukan pengisian baterai. 

“Dari kegiatan ini kami memeroleh gambaran bahwa ternyata tidak ada kendala dalam penggunaan motor listrik di Bangka Belitung, karena pengisian baterai dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun,” kata Mukhlis. 

Sementara itu Alika, salah seorang pengendara motor listrik dalam kegiatan tersebut mengaku menikmati performa motor berbahan bakar listrik itu. 
 
 

“Menurut saya motor ini sangat responsif, dan stabil. Andal di berbagai medan baik tikungan, lurus, maupun tanjakan. Sepanjang perjalanan kami sempat kehujanan, dan hal itu tidak menjadi persoalan,” ujar Alika. 

Lebih dari itu, dilaporkan dua motor listrik yang melakukan touring tersebut berhasil menyelesaikan perjalanan Mentok-Toboali dengan selamat tanpa ada satu kekurangan apa pun.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021