Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan mengajak masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan meskipun vaksin COVID-19 sudah tersedia dan dicanangkan penggunaannya oleh pemerintah.

"Saya minta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan meskipun vaksinasi COVID-19 tahap pertama sudah dilakukan," kata Mulkan yang sekaligus juga Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka di Sungailiat, Selasa.

Menurutnya, meskipun vaksinasi sudah dilakukan tahap pertama dan dilanjutkan sampai ke tahap empat dengan menyasar masyarakat umum, namun memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun harus tetap dilakukan.

Dikatakan, penerapan disiplin protokol kesehatan merupakan langkah utama mencegah dan memutus rantai penyebaran virus jenis baru corona yang hingga sekarang belum ditemukan obatnya bahkan angka kasus terkonfirmasi positif masih terjadi.

"Dalam hal pencegahan penyebaran virus ini harus dilakukan dengan semangat tinggi dan terpadu semua unsur tanpa terkecuali," jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Bangka, melalui dinas kesehatan serta BPBD terus memaksimalkan pencegahan termasuk pemberian tes cepat, antigen maupun PCR gratis untuk ribuan masyarakat sebagai bentuk keseriusan dalam penanganan kasus ini.

"Kami juga sudah menyediakan ruang isolasi atau karantina tambahan untuk pelayanan perawatan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 jika terjadi penumpukan pasien di balai diklat yang disediakan pemerintah provinsi," katanya.

Terdata sementara jumlah warga di Kabupaten Bangka yang terkonfirmasi positif sebanyak 996 orang, 918 orang dinyatakan sembuh dan 12 orang pasien COVID-19 meninggal dunia.

"Saya optimis angka kasus COVID-19 dapat ditekan semakimal mungkin jika semangat penerapan prokes dilakukan seluruh masyarakat karena kasus penyebarannya sudah merata di semua wilayah kecamatan," katanya.





 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021