Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan platform marketplace guna membantu para pedagang kecil memasarkan produknya.

"Dikarenakan Pemerintah Provinsi tidak memiliki wewenang terkait izin pembangunan, maka kami berencana akan membuat platform digital untuk memudahkan konsumen membeli barang di UMKM dan sektor usaha mikro lainnya," Kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, Pemprov Babel mengundang startup digital seperti, Go Anter, Sandbox, dan komunitas digital Babel Creatorium untuk membantu pedagang kecil dan UMKM.

Menurut Erzaldi, hal ini mudah diatasi, apabila walikota maupun bupati dapat membatasi pembangunan ritel raksasa, agar jumlah konsumen bisa merata dan seimbang antara ritel raksasa dan UMKM.

"Untuk merealisasikan platform UMKM berbasis digital ini, Pemerintah Provinsi Babel akan mendata dan mengklasifikasikan sektor UMKM dan untuk memudahkan aplikasi digital dalam memasukkan data di database digital," ujarnya.

Sementara itu, Tomi selaku Founder Go Anter yang merupakan platform aplikasi digital asli Babel, yang menyediakan layanan transportasi, pesan antar makanan, dan kebutuhan sehari-hari ini  mendukung ide Gubernur Erzaldi dalam mewujudkan digitalisasi dibidang UMKM.

"Untuk mendukung sektor digital di Babel, kami harapkan agar adanya perbaikan infrastruktur digital seperti sinyal internet yang merata, bandwith yang lebih memadai, serta regulasi yang memudahkan startup lokal berkembang," harapnya.

Eko Syaiful Arifin, Founder dari Sandbox menjelaskan, syarat agar produk UMKM digital dapat diterima di masyarakat diantarnya, harus memiliki pemain konten lokal (influencer) untuk memasarkan produk, kemudahan regulasi, dan network access yang baik.

"Berdasarkan Data Digital Competitive Index tahun 2020, Babel tergolong dalam penggunaan teknologi yang tinggi. Hal ini dapat menjadi salah satu barometer mengubah mindset sektor UMKM untuk memasarkan produk secara digital," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021