Museum Timah Indonesia (MTI) Muntok Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membangun lokasi (spot) foto berkonsep 3D atau tiga dimensi, guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Pada tahun ini, kita bangun spot berfoto tiga dimensi yang berkaitan dengan penambangan bijih timah di Pulau Bangka dan Belitung," kata Kepala MTI Muntok Fakhrizal di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di tengah pandemi COVID-19 ini, MTI Muntok melakukan beberapa inovasi dan terobosan dalam meningkatkan pelayanan serta kenyamanan pengunjung museum di pulau penghasil bijih timah nomor dua terbesar dunia ini.

"Pada tahun ini, kita tidak hanya membangun spot berfoto tiga dimensi tetapi juga memperbaiki galeri dan membuat mini teater tentang sejarah pertimahan di Bangka Belitung," ujarnya.

Tak hanya itu, untuk mendatangkan wisatawan ke museum pihaknya akan mengadakan lomba dan kegiatan, membangun sarana dan prasarana mini zoo tentang binatang endemik Bangka dan membuat galeri kerajinan timah.

"Di Galeri Kerajinan Timah ini nantinya bisa melihat langsung proses pembuatan pewter," katanya.

Menurut dia, MTI Muntok juga berencana akan menambah koleksi museum seperti batuan geologi pembawa mineral timah, logam timah dari masa ke masa.

"Terobosan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan tahun 2021, karena kita ketahui bersama selama masa pandemi COVID-19 museum sempat tutup beberapa bulan dan angka kunjungan menurun," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021