Suasana malam tahun baru Imlek 2572 Kongzili di Kelenteng Hok Tek Che Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tampak sepi dibandingkan tahun sebelumnya akibat pandemi COVID-19.

"Karena masih pandemi COVID-19 maka jumlah masyarakat yang akan bersembahyang memang kami batasi," kata Ketua Harian Kelenteng Hok Tek Che Tanjung Pandan, Aloy di Tanjung Pandan, Kamis malam.

Menurut dia, hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus corona baru atau COVID-19.

Ia menambahkan, panitia menerapkan protokol kesehatan dengan ketat bagi umat yang akan melaksanakan sembahyang di Kelenteng tersebut.

"Kami mewajibkan masker, cuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk Kelenteng dan memakai masker di dalam Kelenteng serta altar sembahyang," ujarnya.

Pihak Kelenteng juga meniadakan kegiatan hiburan pada malam tahun baru Imlek seperti parade barongsai, kembang api dan panggung hiburan guna menghindari terjadinya kerumunan.

"Jadi tahun ni memang berbeda kami mengikuti anjuran Pemerintah guna mengantisipasi penyebaran COVID-19," katanya.

Dia berharap, melalui momentum perayaan Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili pandemi COVID-19 cepat berlalu dan ekonomi kembali pulih.

"Harapan kami di Tahun Baru Imlek 2572 ini semoga pandemi COVID-19 cepat berlalu dan semuanya bisa kembali menjadi aman," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021