PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah Bangka Belitung memastikan seluruh prosedur penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) para petugas lapangan berjalan sesuai standar operasional.

"Penerapan K3 bagi para petugas lapangan sudah kami lakukan dan bisa kami pastikan mereka selalu mengimplementasikan sesuai standar operasional yang berlaku," kata Manajer Komunikasi PLN UIW Babel Tri Putra Septa di Pangkalpinang, Selasa.

Untuk mendukung pelaksanaan K3 dalam setiap pekerjaan, pihaknya secara rutin menggelar simulasi tanggap darurat, sertifikasi dan sertifikasi ulang, disiplin implementasi prosedur operasional standar, instruksi kerja, lomba simulasi APAR dan hydrant, hingga pemenuhan dokumen SLO.

"Berbagai kegiatan itu merupakan bentuk konkrit keseriusan perusahaan dalam mengimplementasikan K3," katanya.

Hal ini dikatakan Tri Putra terkait momentum peringatan bulan K3 Nasional 2021 yang mengusung tema penguatan SDM unggul dan berbudaya K3 pada semua sektor usaha.

"Kami selalu pastikan seluruh petugas bekerja dengan keadaan kondisi yang sehat dan selamat. Melalui berbagai kegiatan tersebut PLN mampu mengantisipasi bahaya atau kecelakaan kerja," kata dia.

Selain melakukan upaya dari dalam perusahaan, PT PLN Babel juga mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga jaringan listrik agar tidak mengganggu suplai listrik ke rumah pelanggan.

Sejumlah kegiatan seperti bermain layang-layang atau menerbangkan balon udara di dekat jaringan listrik berpotensi mengakibatkan kebakaran, tersengat aliran listrik dan bahaya lainnya.

"Aktivitas seperti itu membahayakan keselamatan diri dan berpotensi mengganggu jaringan yang bisa berakibat suplai ke pelanggan terganggu," ujarnya.

Untuk proses perbaikan akibat gangguan tersebut sering kali memakan waktu berjam-jam sehingga mengganggu kenyamanan masyarakat yang membutuhkan suplai listrik.

"Jika menjumpai aktivitas membahayakan seperti itu masyarakat bisa memberikan peringatan, pelarangan dan penghentian atau laporkan ke aplikasi PLN Mobile, karena menjaga jaringan listrik bersama berarti menjaga kenyamanan bersama," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021