Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bersama TNI dan Polri melaksanakan tes swab antigen kepada karyawan dan pengunjung tempat hiburan malam untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Masagus Hakim, Kamis, mengatakan pemkot akan rutin melakukan tes swab antigen di tempat keramaian yang ada di kota itu.

"Kami akan datangi tempat keramaian seperti kafe, warung kopi dan tempat hiburan malam. Semua pengunjung dan karyawannya akan kami swab antigen," katanya.

Dikatakannya, sebanyak 138 buah swab antigen yang digunakan untuk memeriksa karyawan dan pengunjung tempat hiburan malam di kota itu.

"Malam ini tiga lokasi tempat hiburan malam yang kami datangi seperti Indigo Kedai 8, X-Bar dan Global. Dari tiga lokasi ini, ada ditemukan dua yang positif Covid-19, yaitu di X-bar dan Global," katanya.
 
Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bersama TNI dan Polri melaksanakan tes swab antigen kepada karyawan dan pengunjung tempat hiburan malam untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. (ANTARA/ Try M Hardi)

Ia mengatakan, dua orang yang positif swab antigen diminta untuk dilakukan swab tes di TGC Kota Pangkalpinang dan isolasi mandiri, serta akan dilakukan treking ke keluarga dan sekitarnya.

Ia juga meminta kepada dua lokasi yang ditemukan positif agar melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri dan tutup tiga hari agar virus Covid-19 mati.

"Kami harap pemilik melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri dan tutup selama tiga hari sesuai surat peringatan yang diberikan Satpol PP  Kota Pangkalpinang," katanya.

Sementara itu Kabag Ops Polres Pangkalpinang, Kompol Johan Wahyudi menegaskan akan mendukung penuh kinerja Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam melakukan penindakan protokol kesehatan di kota itu.

"Kami akan memantau dua lokasi yang diberikan teguran untuk tutup tiga hari karena ada karyawan yang positif," katanya.

Selain itu kata Dia, Polres Pangkalpinang dan Kodim 0413/Bangka siap bersinergi dalam rangka memutuskan penyebaran Covid-19 di Kota Pangkalpinang. 

"Kami siap bersinergi dengan dinas kesehatan, Satpol PP dan Kodim 0413/Bangka dalam menegakan protokol Covid-19 di Kota Pangkalpinang," ujarnya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021