Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan dan nonkesehatan di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai 88,59 persen atau 2.782 orang dari target sasaran 3.140 orang.

"Persentase pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan di daerah ini sudah cukup tinggi, yakni 88,59 persen," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Kamis.



Boy Yandra berharap vaksinasi bagi tenaga kesehatan yang masuk tahap pertama segera selesai dan dilanjutkan pelaksanaan  tahap kedua yang dijadwalkan pekan ketiga Februari 2021.

Kelompok masyarakat yang masuk dalam prioritas tahap kedua ini merupakan masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas tinggi, sehingga sangat rentan terhadap virus corona.

"Sasaran vaksinasi tahap kedua meliputi tenaga pendidik, pedagang pasar, tokoh agama, legislator, TNI, Polri, ASN daerah maupun vertikal, wartawan, BUMN, BUMD, perangkat desa, atlet serta petugas pelayanan publik," kata Boy Yandra.

Ia mengatakan jumlah sasaran pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap kedua diperkirakan mencapai puluhan ribu orang, dimana untuk pegawai pemerintah daerah masih dalam tahap pendataan.

Vaksinasi COVID-19, kata Boy Yandra, salah satu upaya paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung. Tujuannya, untuk kekebalan tubuh dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut.

"Saya mendorong seluruh lapisan masyarakat mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan harapan penyebaran virus corona yang sudah hampir satu tahun ini dapat segera dikendalikan," tuturnya.



Hanya saja, kata Boy Yandra, meskipun vaksinasi sudah dilaksanakan, penerapan protokol kesehatan harus tetap diterapkan dengan ketat oleh masyarakat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021