Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai mencairkan dana bantuan langsung tunai (BLT) tahap I kepada warga terdampak pandemi COVID-19.

"Tahun ini,  BLT tahap I yang bersumber dari dana desa sudah mulai dicairkan, sudah ada beberapa desa yang mencairkannya," kata Sekretaris Daerah Pemkab Belitung Timur, Ikhwan Fahrozi di Manggar, Jumat.

Ia menjelaskan, jumlah penerima BLT tercatat sekitar 4.000 jiwa dari 39 desa yang ada di daerah itu dan ditargetkan pada Maret 2021 semua BLT sudah tersalurkan kepada warga sasaran.

"Justeru dalam kesempatan ini saya meminta seluruh kepala desa dapat memproses pencairan dana BLT dan ditargetkan Maret 2021 sudah selesai pencairan tahap I," ujarnya.

Ia mengatakan, secara administrasi dan prosedural penggunaan dana BLT sudah tidak ada masalah hanya tinggal teknis pencairan saja.

"Saya minta kepada warga penerima dapat menggunakan dana BLT sebesar Rp300 ribu per bulan itu untuk kebutuhan pokok di tengah kondisi ekonomi sulit ini," ujarnya.

Sekda mengatakan, virus corona tidak bisa dipastikan kapan berakhir dan sampai saat ini ekonomi masyarakat belum pulih akibat hantaman virus corona baru itu.

"Untuk itu, BLT terus digulirkan pada 2021 dan itu dicairka setiap bulan sebesar Rp300 ribu per warga selama 2021," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021