Bupati Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Reza Herdavid langsung memberikan bantuan kepada warga korban bencana alam puting beliung yang terjadi di Toboali pada Jumat (5/3) kemarin.

"Bantuan ini diberikan untuk meringankan beban warga yang terkena musibah bencana alam yang terjadi secara tiba-tiba kemarin," kata Riza Herdavid di Toboali Sabtu (6/3).

Disampaikannya kedatangan ke lokasi bencana alam ini untuk melihat langsung kondisi yang dihadapi masyarakat dan menghitung jumlah kerugian material yang dialami oleh warga.

"Tadi sudah diinstruksikan kepada perangkat Kelurahan dan kecamatan serta RT/RW untuk menghitung kerugian yang dialami warga sehingga kondisi bisa normal kembali," kata dia.

Orang nomor satu di Kabupaten Bangka Selatan ini mengatakan pihaknya berkolaborasi bersama Kepolisian dan TNI serta PT Timah Tbk berusaha membantu meringankan beban warga agar cepat normal kembali.

"Berdasarkan kunjungan tadi ada sekitar 15 rumah yang rusak berat dan pemerintah akan memberikan bantuan sesuai dengan kerusakan yang terjadi," katanya. 

Camat Kecamatan Toboali Sumindar mengatakan bantuan sudah diberikan kepada masyarakat seperti peralatan dapur untuk memasak,sembako dan selimut.

"Jadi sambil menunggu hasil perhitungan oleh Tim Pemda kita sudah berikan bantuan awal kepada masyarakat," kata dia.

Sumindar berharap petugas lapangan bekerja dengan maksimal dan sehingga bantuan pokok seperti kerusakan rumah cepat teralisasi.

"Kepada masyarakat agar lebih mawas diri apabila terjadi bencana alam,semoga dalam waktu dekat situasi kembali normal," harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021