Kepolisian Resor Bangka Barat, Daerah Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan sosialisasi "Operasi Bina Kusuma" untuk mencegah kemungkinan terjadinya tindak kriminal kalangan pelajar di daerah itu.

"Sasaran Operasi Bina Kusuma ini adalah kalangan pelajar dan pemuda guna mencegah premanisme, prostitusi, kenakalan remaja, dan kejahatan jalanan di wilayah hukum Polres Bangka Barat,"kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Muntok, Kamis.

Menurut dia, kenakalan yang sering dilakukan para remaja terjadi biasanya karena terpengaruh dengan lingkungan sekitar tempat tinggal yang kurang kondusif untuk bertumbuh kembang.

Untuk itu diperlukan kerja bersama guna menciptakan situasi yang aman, nyaman dan tertib di lingkungan masing-masing yang disertai dengan menyediakan ruang dan tempat para remaja menyalurkan bakat dan kreativitas sesuai potensi yang dimiliki.

"Melalui Operasi Bina Kusuma ini kami harapkan masyarakat semakin memahami bahaya kenakalan remaja dan aksi premanisme dan mampu mengantisipasinya," katanya.

Sosialisasi dilaksanakan dimulai dari sekolah-sekolah, terminal sampai tempat-tempat berkumpulnya masyarakat, petugas mendatangi langsung ke lokasi untuk menciptakan kondisi yang aman dan kondusif.

Operasi Bina Kusuma di wilayah hukum Polres Bangka Barat dilaksanakan mulai 15 Maret hingga 4 April 2021 dengan tetap mengedepankan fungsi pembinaan masyarakat, yaitu preemtif dan preventif.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021