Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat kenaikan kasus kematian akibat COVID-19 di daerah itu hingga mencapai 11 orang di bulan Maret.

"Iya untuk di bulan Maret sampai saat ini ada 11 pasien COVID-19 yang meninggal dunia," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Belitung, Joko Sarjono di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, dengan jumlah tersbebut maka total kasus positif COVID-19 di Kabupaten Belitung sejak Maret 2020 mencapai 580 orang, pasien sembuh sebanyak 519 orang dan meninggal dunia sebanyak 24 orang.

"Kenaikan kasus positif COVID-19 juga disebabkan adanya transmisi lokal penyebaran COVID-19," ujarnya.

Sedangkan meningkatnya kasus kematian akibat COVID-19 di bulan Maret disebabkan oleh kenaikan intensitas penularan COVID-19 kepada orang yang memiliki riwayat penyakit komorbid atau penyerta.

"Karena yang meninggal dunia akibat COVID-19 adalah mereka yang memiliki riwayat penyakit penyerta dan manula," ujarnya.

Ia mengimbau, masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Karena saat ini sudah transmisi lokal dan penyebaran COVID-19 sudah merebak di mana-mana," ujar Joko.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021