Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bangga dengan para siswa SMK Negeri 1 Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah, karena memilih jurusan yang dinilai sesuai perkembangan zaman saat ini. 

Hal itu diungkap Gubernur Erzaldi ketika melakukan kunjungan kerja ke SMK Negeri 1 Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah, sekaligus meresmikan ruang praktik teknik pendinginan dan udara serta ruang tata usaha, Rabu.

Menurut orang nomor satu di Babel ini, jurusan teknik pendinginan dan udara, jurusan tata busana, jurusan tata boga merupakan jurusan yang sangat strategis dan dibutuhkan saat ini. 

"Saya senang di sekolah ini, tempatnya tenang jauh dari kebisingan, berada di bawah kaki bukit.  Jurusan SMK ini juga bagus, karena jurusan Teknik Pendinginan di Babel satu-satunya hanya di sini. Ini peluang bagi para siswa untuk menimba ilmu di sini," ungkap bang ER-panggilan akrab gubernur. 

Ia mengatakan, selama ini di Babel sulit untuk mendapatkan teknisi pendingin, untuk itu dengan adanya SMK ini salah satu solusi mengatasi hal tersebut. 

Erzaldi juga mengajak para guru agar bekerja sama dengan PT Daikin Indonesia supaya SMK ini dapat maju dan berkembang nantinya. 

"Dengan kerja sama ini, para siswa terbiasa dengan produk Daikin, dan siswanya nanti mampu menjadi tenaga teknisinya," jelasnya. 

Selain itu gubernur juga merasa senang para siswa jurusan Tata Busana SMK N 1 Subgai Selan ini sudah mampu menampilkan keahliannya yaitu memperagakan busana hasil karya siswa di hadapan gubernur dan para tamu. 

"Saya senang melihat penampilan para siswa tata busana tadi, walaupun belum sempurna, saya maklum karena hal itu baru pertama kali di lakukan, semoga ke depan lebih baik," ujarnya. 

Kepada para orang tua siswa, Erzaldi berpesa  agar anak-anaknya jangan dimanja, supaya nantinya anak tersebut bisa mandiri.

Peresmian gedung praktik teknisi dan ruang tata usaha guru di lakukan dengan penguntingan pita oleh gubernur disaksikan para guru, tamu undangan, dan para siswa. Dilanjutkan dengan peninjauan ruangan sekaligus dilakukan serah terima bantuan perusahaan yang bergerak di bidang AC. 

Mengahiri kegiatan, gubernur dan rombongan mencicipi makanan hasil karya siswa jurusan tata boga. 

Kepala sekolah SMK negeri 1 Sungai Selan, Resdian mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi terkhusus Gubernur Erzaldi atas semua bantuan dan dukungannya sehingga kegiatan proses belajar mengajar di sekolah ini berjalan dengan lancar. 

Menurutnya, dengan di resmikan gedung ruang praktik dan ruang tata usaha akan memberikan kemudahan bagi sekolah dalam semua aktivitas. 

"Bantuan ini semoga bermanfaat bagi siswa kami, karena selama ini siswa kami kalau mau praktik masih menumpang, dengan bantuan dana DAK kami dapat ruang praktik ini sehingga siswa makin antusias dan kami sangat membutuhkan ini," ungkapnya.

Untuk diketahui bahwa, jurusan bidang  pendinginan (AC) di Sumatera bagian Selatan hanya SMK 1 Sungai Selan, sehingga sekolah ini diyakini memiliki peluang cukup baik ke depannya. 

Dengan demikian PT. Daikin Air Conditioning Indonesia tertarik untuk melakukan kerja sama dengan sekolah ini.

Untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar di SMK ini, PT. Daikin Air Conditioning Indonesia memberikan bantuan alat praktik berupa 4 unit AC Cassete kapasitas 5 PK, dan 4 unit AC Split kapasitas 1 PK. 

Lebih lanjut dijelaskan Resdian, SMK ini memiliki 3 jurusan yaitu jurusan tata busana, jurusan tata boga dan jurusan teknik pendinginan dan udara (TPTU).

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021