Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Maulan Aklil (Molen) resmi membuka perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadis (MTQH) ke XXIX tingkat kota Pangkalpinang Tahun 2021, Kamis (1/4) malam.

Perlombaan MTQH mengusung Tema “Dengan MTQH XXIX Tingkat Kota Pangkalpinang Tahun 2021 Kita Tingkatkan Pemahaman AL Qur’an dan Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Pangkalpinang Kota Beribu Senyuman” dengan diikuti sebanyak 412 orang peserta dalam perlombaan terdiri dari 7 kecamatan sekota Pangkalpinang.

“Budaya melayu harus tetap kita jaga, jangan sampai runtuh/ambruk. Saat ini muda-mudi kita mungkin hanya 30 persen saja yang mau ke masjid,” ujarnya.

Ia juga mengatakan akan mengumrohkan para muda-mudi Pangkalpinang yang menang MTQH agar ada semanggat baru bagi muda-mudi dikota itu.

“Saya bukan ahli agama, saya hanya umaroh dan akan selalu dekat dengan ulama. Mari kita bersama bangun kota Pangkalpinang,” ujar Molen.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Pangkalpinang untuk membuang rasa iri dan dengki, serta mengajak bersama-sama menjaga iman agar bisa masuk surga.

“Bagi yang kuat iman mari tarik kawan-kawan kita untuk mengikuti kegiatan Gerbang Surga,” katanya.

Dikatakannya, walaupun anggaran kegiatan MTQH ini sangat minim, dengan anggaran yang kecil pun bisa berjalan dengan sukses.

“Yang penting pelaksanaannya bisa berjalan. Kita harus pintar-pintar berinovasi di tengah Covid 19 tanpa harus menghilangkan marwahnya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan jika dirinya tidak benar, jangan ikuti dirinya walaupun seorang umaroh. Tapi kita berharap masyarakat di Kota Pangkalpinang bisa ada kaderisasi generasi muda.

“Kita sudah berkerja sama dengan Honda MTQH ke XXIX, kita siapkan satu unit motor tahun ini,” katanya.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan MTQH ini, yaitu untuk
pengamalan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kegiatan yang berkaitan dengan pengamalan seperti membaca, menghafal, memahami, menafsirkan dan menyampaikan tuntunan al-Quran perlu digiatkan melalui
ajang perlombaan.

Agenda Nasional ini tentunya ditujukan disamping untuk peningkatan kualitas keimanan dan ketakwaan masyarakat
muslim sebagai MAJORITY PEOPLE di negeri ini, juga ditujukan untuk membumikan Al-Qur’an sebagai Petunjuk
Paripurna yang menjamin keselamatan hidup di dunia dan dalam kerangka
tuntunan bahkan menjadi membangun Negara Republik Indonesia yang Baldatun akhirat, Thoyyibatun wa Rabbun Ghofuur.

Dalam lingkup Kota Pangkalpinang penyelenggaraan ditujukan untuk Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits meningkatkan seni baca dan pengamalan Al-Qur’an, serta mendukung program pembangunan Bidang keagamaan.

Pewarta: Try Mustikahardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021