DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menerima kunjungan para peserta dari Lemhanas RI angkatan ke-62 dalam rangka melakukan studi strategis dalam negeri ke Provinsi Babel.

Kedatangan para peserta dari Lemhanas RI ini disambut langsung oleh Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi di Ruang Banmus DPRD Babel, Senin.

“Kegiatan studi strategis Lemhanas RI berlangsung selama empat hari (mulai 5-9 April 2021) di Bangka Belitung,” kata Herman Suhadi saat menerima kunjungan para peserta dari Lemhanas RI.

Herman mengatakan, kunjungan para peserta Lemhanas ke DPRD ini bertujuan untuk meminta informasi dan data tentang berbagai hal yang ada di Babel, sebagai bahan kajian mereka dalam melakukan studi strategis.

“Yang pertama, pertanyaan mereka itu tentang asimilasi di Babel yang begitu baik, misalnya tentang kerukunan SARA, mudah-mudahan kita sama-sama berharap tidak akan pernah terjadi kerusuhan tentang itu,” ujarnya.

Selain itu, para peserta dari Lemhanas juga menanyakan tentang cara Pemerintah Provinsi Babel bertahan dalam menghadapi pandemi Covid-19, khususnya di bidang perekonomian.

“Alhamdulillah, kami jawab, Babel memiliki SDA yang sampai hari ini masih ada, misalnya, timah, sawit, karet, lada, dan semua komoditi itu harganya dalam keadaan baik, sehingga kita mampu bertahan,” jelasnya.

“Disamping itu, suatu modal yang sangat besar dan harus kita jaga, yaitu, kondusifitas Provinsi Bangka Belitung ini,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga menyampaikan usulan kepada para peserta Lemhanas untuk melakukan kajian tentang RUU Daerah Kepulauan.

“Saya mohon dengan hormat kepada mereka untuk dapat meneruskan (kajian-red) itu ke DPR RI atau pemerintah pusat, tapi mereka menyarankan agar kita dari asosiasi provinsi kepulauan itu mengajukan surat permohonan kepada Lemhanas untuk mengkaji itu,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan tadi bahwa kita butuh fakultas kedokteran, karena mereka juga akan mengadakan kunjungan studi strategis di Universitas Bangka Belitung,” ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021