Pengamatan hilal atau anak bulan yang dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, bertempat di kawasan pantai Tanjung Pendam guna menentukan awal bulan Ramadhan 1442 Hijiriah tidak terlihat karena tertutup awan.

"Hilalnya tidak terlihat karena faktor cuaca sehingga tertutup awan," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Masdar Nawawi di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, dua orang perukyat dari kantor Kementerian Agama Kabuparen Belitung dalam pengamatan tersebut tidak bisa melihat hilal dikarenakan faktor cuaca buruk sehingga hilal tertutup awan.

Ia menambahkan, hasil dari pengamatan tersebut nantinya akan dilaporkan kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung untuk diteruskan kepada pemerintah pusat.

"Karena di sini tidak terlihat akibat mendung maka nantinya kami masih menunggu laporan pengamatan dari titik lainnya ada sebanyak 86 titik pemantauan," ujarnya.

Maka dari itu, lanjut Masdar, guna memastikan awal bulan suci Ramadhan pihaknya mengimbau masyarakat untuk menyaksikan sidang isbat terkait penentuan awal Ramadhan yang digelar oleh Kementerian Agama.

"Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat pada pukul 19:00 WIB nanti guna menentukan awal bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah berdsarkan hasil pemantauan hilal di titik lain," kata Masdar.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021