Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan pada Minggu (1/3) sebagian daratan di Bangka Belitung (Babel) berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan.

"Dari pantauan cuaca, empat kabupaten/kota di Babel berpotensi turun hujan, sedangkan tiga kabupaten lainnya hanya berawan dan tidak berpotensi hujan," kata Staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang, Akhmad Fadholi di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan, empat daerah yang berpotensi turun hujan tersebut yakni Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan dan Kota Pangkalpinang dengan kecepatan angin mencapai 18 kilometer per jam dari Barat Laut menuju Timur Laut.

"Sedangkan tiga kabupaten lainnya dengan kondisi cuaca berawan namun tidak berpotensi turun hujan yakni Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur dan Kabupaten Bangka Barat," ujarnya.

Menurut dia, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat belum berpotensi terjadi di daratan daerah itu.

Secara keseluruhan kecepatan angin di daratan Babel mencapai 22 kilometer per jam dengan suhu udara mencapai 96 persen.

"Kecepatan angin di daratan ini sedikit mengalami penurunan dari beberapa hari sebelumnya yang berkisar antara lima hingga 25 kilometer perjam," ujarnya.

Sementara itu, kondisi gelombang laut di jalur pelayaran Babel mencapai ketinggian maksimum dua meter. Gelombang laut tersebut berpotensi terjadi di Utara Bangka dengan kecepatan angin mencapai 33 kilometer per jam.

Ketinggian gelombang di jalur pelayaran Babel lainnya yakni di Selat Bangka, Selatan Bangka, Selat Gelasa dan selat Karimata berkisar antara 0,5 hingga 1,5 meter dengan kecepatan angin mencapai 32 kilometer per jam.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015