Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, memprakirakan tinggi gelombang di perairan Selat Karimata dua meter  mulai Senin pukul 07.00 WIB.

"Gelombang perairan di daerah itu sudah mulai berangsur normal namun diharapkan bagi nelayan tetap meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata staf Koordinator Unit Analisis pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Evi Diana Prihatiningsih, di Pangkalpinang, Minggu.

Selanjutnya, kata dia, tinggi gelombang itu disertai dengan kecepatan angin berkisar 14-32 kilometer per jam, demikian juga dengan tinggi gelombang di perairan utara Bangka dan Selat Galasa yaitu dua meter dengan kecepatan angin masing 13-33 dan 14-31 kilometer per jam.

Sedangkan tinggi gelombang di perairan Selat Bangka dan Selatan Bangka berkisar 1,5 meter, masing-masing dengan kecepatan angin berkisar 12-30 dan 10-28 kilometer per jam.

"Empat perairan di daerah itu menunjukkan arah mata angin dari barat laut ke timur laut sedangkan satunya yaitu Selat Bangka dari barat ke utara," ujarnya.

Sementara itu, enam dari tujuh daratan di kota/kabupaten yang ada di Babel berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Enam daratan tersebut yakni, Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang, sedangkan satu lainnya yaitu, Kabupaten Bangka Barat hanya berawan tanpa ada tanda hujan.

"Enam daratan tersebut masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan belum ada tanda-tanda hujan akan turun deras," ujarnya.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015