Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat jumlah kasus kematian akibat virus corona baru atau COVID-19 selama April 2021 mencapai 16 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Belitung Joko Sarjono di Tanjung Pandan, Minggu, mengatakan kasus kematian COVID-19 selama April 2021 mencapai 16 orang yang didominasi pasien dengan memiliki riwayat penyakit penyerta.

"Kemudian selain komorbid (penyerta) pasien yang meninggal dunia juga dalam usia lanjut," katanya.

Dinkes Belitung mencatat selama April 2021 jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu fluktuatif.

"Misalnya yang terkonfirmasi ada belasan orang kemudian yang sembuh atau selesai menjalani perawatan juga sebanding dengan jumlah itu jadi memang fluktuatif," ujarnya.

Ia menambahkan tingginya penyebaran virus COVID-19 di daerah itu juga disebabkan belum optimalnya penerapan protokol kesehatan.

"Penerapan prokes memang belum optimal makanya nanti akan dilakukan operasi yustisi dalam waktu dekat ini serentak se-Bangka Belitung," katanya.

Ia mengharapkan masyarakat menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah dapat menerapkan protokol kesehatan, terutama di pasar dan pusat perbelanjaan serta titik kerumunan lainnya.

Dia mengharapkan dengan diterapkan protokol kesehatan, dapat menekan penyebaran COVID-19.

"Kami juga mengantisipasi klaster-kalster baru misalnya di pedagang pasar menjelang lebaran ini," ujar dia.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021