Koba (Antara Babel) - Sebanyak 250 mahasiswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) melaksanakan praktik lapangan di Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung.

"Mahasiswa IPDN itu melaksanakan kegiatan praktik lapangan di sini selama beberapa bulan," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa Bangka Tengah Desiwantara di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, seluruh Indonesia tercatat sebanyak 1.000 orang dengan rincian 250 mahasiswa di Kabupaten Bangka Tengah sedangkan 750 orang tersebar di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat.

"Ratusan mahasiswa tersebut melakukan praktik lapangan dengan ditempatkan di sejumlah instansi pemerintahan di Kabupaten Bangka Tengah," ujarnya.

Ia mengatakan, mahasiswa tersebut meliputi kegiatan pembenahan administrasi desa, peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dalam perencanaan pembangunan dan keuangan yang bersinergi dengan pemerintah kecamatan.

"Kemudian program peningkatan motivasi belajar sekolah bagi anak usia sekolah, peningkatan pembinaan kehidupan sosial dan keagamaan dan peningkatan upaya preventif pernikahan dini," ujarnya.

Ia menambahkan, praktik lapangan dari IPDN tersebut adalah yang pertama kali di Kabupaten Bangka Tengah.
    
"Praktik lapangan oleh mahasiswa IPDN angkatan 23 itu akan dibimbing oleh Anggota Tetap (Antap) sebanyak 20 orang, pembimbing teknis dari Pemkab Bangka Tengah sebanyak 16 Purna Praja untuk tenaga pengasuh," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah tentu menerima dengan baik keberadaan mahasiswa IPDN tersebut selama melaksanakan praktek lapangan di daerah ini.

"Kami saling bertukar pengalaman saja, selain mereka belajar di lapangan kami juga mengambil ilmu yang mereka peroleh selama di bangku kuliah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015