Pangkalpinang (Antara Babel) - Wakil Gubernur Bangka Belitung (Babel), Hidayat Arsani meminta SKPD memperkuat birokrasi berbasis teknologi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di daerah itu.

"Selama ini, pelaksanaan sistem birokrasi di lingkungan pemerintahan belum maksimal, karena aparatur di masing-masing SKPD masih menggunakan sistem manual dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat," kata Hidayat Arsani, saat mengunjungi Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Bangka Belitung di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, Diskominfo merupakan instansi yang strategis, sehingga perlu dilengkapi peralatan yang canggih untuk mengembangkan teknologi komunikasi di masing-masing SKPD di lingkungan Pemprov Babel.

"Diskominfo mempunyai fungsi vital, sehingga diharapkan memperkuat SPI yang sehat, informasi berbasis pendidikan, sosial, budaya dalam meningkat pencitraan pelayanan pemerintah kepada masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, apabila seluruh SKPD menggunakan birokrasi berbasis teknologi ini, maka dapat mempercepat roda pemerintahan dan persoalan di lingkungan pemerintahan secara transparan.

Misalnya, kata dia, penganggaran kegiatan atau program menggunakan teknologi, tentunya dapat dilihat, dikontrol dengan cepat.

"Selama ini, jika ingin melihat anggaran dan penyerapanya, terlebih dahulu harus memanggil staf dan tidak jarang harus menunggu lama. Sementara jika menggunakan teknologi, maka petugas hanya cukup melihat di layar komputer," ujarnya.  
    
Untuk itu, kata dia, diharapkan aparatur pemerintahan untuk segera menggunakan teknologi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

"Untuk mewujudkan sistem birokrasi berbasis teknologi dan komputerisasi ini, kita telah mengganggarkan dana untuk meningkatkan sumber daya manusia aparatur pemerintah ini dan pengadaan alat pendukung penerapan teknologi tersebut," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015