Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang mengingatkan nelayan Bangka Belitung untuk mewaspadai potensi gelombang laut yang cukup tinggi di perairan setempat pada Kamis (5/3).

"Ketinggian gelombang laut perairan Bangka Belitung diprakirakan akan mencapai 2,5 meter atau lebih tinggi dari hari sebelumnya, yakni satu hingga dua meter," kata Staf Koordinator Unit Analisa BMKG Pangkalpinang, Akhmad Fadholi, di Pangkalpinang, Rabu.

Pihaknya mengimbau nelayan mewaspadai tinggi gelombang yang bisa berubah sewaktu-waktu akibat pertumbuhan awan hujan di daerah tersebut.

"Kami mengimbau agar nelayan lebih meningkatkan kewaspadaan dengan kemungkinan datang gelombang lebih tinggi, karena bisa mengakibatkan kecelakaan dan membahayakan jiwa," katanya lagi.

Ia mengemukakan, gelombang tinggi ini diperkirakan terjadi di utara Bangka disertai angin kencang yang mencapai kecepatan 34 km per jam dari barat laut menuju timur laut.

Menurut Akhmad, tinggi gelombang di perairan Babel lainnya, yaitu Selat Karimata dan Selat Gelasa mencapai dua meter, dengan kecepatan angin berkisar 14--32 kilometer per jam.

"Sedangkan ketinggian gelombang di Selat Bangka dan selatan Bangka diprakirakan mencapai 1,5 meter, dengan kecepatan angin mencapai 33 kilometer per jam," ujarnya pula.

Pantauan satelit cuaca, lanjut Akhmad, terlihat daerah liputan awan dan hujan di daratan Bangka Belitung dengan suhu udara mencapai 31 derajat celcius.

"Potensi hujan diprediksi akan turun di seluruh daratan Babel, namun masih dalam intensitas ringan disertai angin dengan kecepatan 4-22 kilometer per jam," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015