Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat jumlah kasus kematian akibat COVID-19 di daerah itu mencapai 52 orang.

"Total kasus meninggal akibat COVID-19 sampai dengan hari ini mencapai 52 orang," kata Ketua Satgas COVID-19 Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, berdasarkan laporan kematian COVID-19 yang dikeluarkan RSUD Marsidi Judono Belitung pasien ke-52 yang meninggal dunia adalah Tuan, RM (62) warga jalan kerjan Desa Air Merbau, Tanjung Pandan.

"Pasien meninggal dunia pada Kamis 10 Juni pukul 11:55 WIB di ruang isolasi RSUD Marsidi Judono Belitung," ujarnya.

Ia menjelaskan, pasien, RM (62) masuk ke RSUD Marsidi Judono Belitung pada 24 Mei lalu setelah menjalani perawatan selama 16 hari kondisi pasien membaik dan sempat dipulangkan ke rumah.

"Namun sehari berselang kondisi pasien memburuk dan kembali harus menjalani perawatan di isolasi," katanya.

Dikatakan dia, pada 10 Juni pasien mengalami henti jantung namun ketika dilakukan "inform concent" kepada keluarga pasien keluarga meminta untuk tidak dilakukan pijat jantung (DNR).

"Pasien dinyatakan meninggal dunia pada pukul 11:55 WIB dan dilakukan pemulasaran dan pemakaman jenazah sesuai protokol COVID-19," ujarnya.

Ia menyebutkan, jumlah kasus positif COVID-19 di Belitung sejak Maret 2020 mencapai 2.511 orang, sembuh sebanyak 2.378 orang dan meninggal dunia sebanyak 52 orang.

"Sedangkan kasus aktif COVID-19 sekarang terkonfirmasi sebangak 81 orang," katanya.

Baca juga: Dinkes Belitung: PPKM berhasil tekan kasus COVID-19

Pewarta: Aprilliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021