Pangkalpinang (Antara Babel) - Sebanyak 320 mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dijadwalkan mengikuti Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) tingkat perguruan tinggi tersebut.

"Kategori dalam olimpiade tersebut yaitu matematika, fisika, kimia dan biologi. Pelaksanaannya pada 24 Maret 2015 di kampus UBB, Balun Ijuk Kabupaten Bangka," kata Kepala Bagian Kemahasiswaan UBB, Kuncoro di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan, perlombaan tingkat kampus itu akan digelar dalam sehari, mahasiswa yang memenangi perlombaan tersebut akan dikirim untuk mengikuti ONMIPA di tingkat regional yang akan diadakan di Palembang, Sumatera Selatan.

"Jadi bagi pemenang ONMIPA tingkat kampus akan mengikuti ONMIPA tingkat regional yang pesertanya merupakan pemenang dari universitas yang berada di wilayah Sumatera bagian selatan kemudian bagi yang memenangi ONMIPA tingkat regional akan mengikuti tingkat nasional di pusat," ujarnya.

Ia mengatakan, sebanyak 320 mahasiswa itu merupakan peserta dari lima fakultas, yaitu fakultas pertanian perikanan biologi, tekhnik, ekonomi, hukum dan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP).

"Berkemungkinan mahasiswa dari fakultas mana pun dapat mengikuti perlombaan tersebut. Peminat olimpiade tingkat kampus di UBB mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 64 peserta," katanya.

Ia mengatakan, kemungkinan peserta akan mengikuti tes secara bertahap karena jumlahnya banyak.

"Saat ini, panitia sedang mempersiapkan segala fasiltas yang dibutuhkan untuk mendukung kelancaran perlombaan tersebut, seperti ruangan, kursi, dan tim juri. Karena jumlah peserta meningkat tajam kemungkinan akan ada dua sesi dan yang pastinya perlombaan itu  selesai dalam sehari dan diumumkan pemenangnya," ujarnya.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015