Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan membaca naskah pancasila pada saat pelaksanaan apel pagi atau masuk kerja mulai 1 Juli mendatang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya di Tanjung Pandan, Rabu mengatakakan hal tersebut dilakukan guna menindaklanjuti Surat Edaran Kemenpan RB tentang pembacaan naskah pancasila ketika apel pagi.

"BKPSDM Belitung masih mengkaji hal tersebut maka nantinya akan kami ikuti imbauan tersebut sesuai surat dari Kemenpan RB," kata Sekretaris Daerah Belitung, MZ Hendra Caya di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, selama ini masing - masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kabupaten Belitung telah melaksanakan kewajiban apel pagi atau masuk kerja.

Dalam pelaksanaan apel tersebut, lanjut Sekda, biasanya diisi dengan kegiatan pengecekan kehadiran pegawai, pengarahan pembina serta pembacaan komitmen pelayanan dan disiplin pegawai.

"Kalau pembacaan naskah pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia memang masih kami lakukan pengkajian karena hal seperti itu biasanya dilakukan pada saat pelaksanaan upacara bendera," katanya.

Ia menambahkan, jika pembahasan dan kajian telah dilakukan oleh BKPSDM Belitung maka setelah itu akan dikeluarkan surat edaran tentang pembacaan naskah pancasila pada saat apel pagi tersebut bagi ASN di daerah itu.

"Pada dasarnya kami siap mengikuti dan melaksanakan arahan dari surat Kemenpan RB itu," ujar dia.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021