PT Kimia Farma Apotek dan anak usahanya PT Kimia Farma Diagnostika meluncurkan Gerakan Sosial "Kita Bersama Tenaga Kesehatan" sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap para tenaga kesehatan, yang sedang berjuang mengatasi lonjakan kasus COVID-19 di Tanah Air.

"Kami akan memberikan paket vitamin dan suplemen kepada nakes di seluruh wilayah Indonesia. Program ini inisiasi dari Kimia Farma Apotek dan Kimia Farma Diagnostika sebagai bentuk kepedulian terhadap nakes yang sedang berjibaku menghadapi lonjakan kasus COVID-19," kata Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek Nurtjahjo Walujo Wibowo dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Menurut Nurtjahjo, gerakan sosial ini dimulai Senin (5/7/2021) dan akan berlangsung selama Juli-Agustus 2021 di seluruh apotek Kimia Farma yang tersebar di wilayah Indonesia dengan harapan kasus COVID-19 kian mereda dalam beberapa bulan ke depan setelah adanya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali selama 3-20 Juli 2021.

Sementara itu, PT Kimia Farma Diagnostika (KFD), menjadi anak usaha PT Kimia Farma Apotek, yang memberikan fasilitas pelayanan kesehatan berupa klinik kesehatan dan laboratorium klinik.

KFA dan KFD memiliki 422 klinik dan 73 laboratorium klinik yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Berdasarkan data Komite Pencegahan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), tren kasus COVID-19 terjadi kenaikan selama Juni 2021 hingga saat ini.

Bahkan, mencapai 31.189 kasus pada 6 Juli 2021, tertinggi rerata harian dan trennya masih naik hingga saat ini. Pada situasi ini, tenaga kesehatan (dokter, perawat dan tenaga medis lainnya) harus menghadapi tantangan berat. Kelelahan dan kurangnya asupan nutrisi yang seimbang dapat menjadi ancaman bagi kesehatan bahkan hidup mereka.

Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban para tenaga kesehatan di Tanah Air dan membantu menjaga daya tahan dan imunitas mereka. Gerakan sosial ini bersifat sukarela dan inisiasi Kimia Farma tanpa harus merugikan konsumen.

Bahkan, gerakan sosial ini harus menyisihkan laba Kimia Farma Apotek dan Kimia Farma Diagnostika. Bantuan sekecil apapun tentu sangat bermanfaat sebagai dukungan bagi para nakes yang berada di garda terdepan menjaga kesehatan Indonesia.

Paket tersebut berisi produk vitamin C dan D serta Fituno (suplemen makanan). Dengan pembelian lima kotak atau botol produk vitamin atau suplemen di apotek Kimia Farma, konsumen ikut menyumbangkan satu kotak atau botol produk vitamin/suplemen untuk nakes yang saat ini sedang berjibaku dan berjuang menangani pasien-pasien COVID-19.

Plt Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika Agus Chandra menuturkan kehadiran tenaga kesehatan perlu diapresiasi dan didukung. KFA dan KFD mengampanyekan gerakan ini untuk mengingatkan pentingnya kesehatan para nakes saat menjalankan tugas mereka.

Untuk itu jika masyarakat ingin terlibat di dalamnya, KF akan berusaha mewujudkannya. Selain melalui pembelian multivitamin dan suplemen dalam program 5 bonus 1, masyarakat juga dipersilakan jika ingin menambah jumlah itu seberapa pun.

"Sebagai bentuk dukungan kepada para nakes, kami mengajak masyarakat untuk peduli kepada mereka. Seberapa pun yang ingin disampaikan, melalui Gerakan Sosial 'Kita Bersama Nakes' kita bahu membahu meringankan beban mereka," ujar Agus.

Seringkali karena fokus pada lonjakan kasus COVID-19, para petugas kesehatan seperti dokter, perawat, sopir ambulans, petugas kebersihan di rumah sakit, klinik, dan fasilitas lainnya luput dari perhatian.

Untuk itulah, melalui pembelian vitamin dan suplemen di apotek Kimia Farma, konsumen telah ikut membantu para tenaga kesehatan tersebut.

Paket vitamin dan produk suplemen makanan itu akan dikelola oleh KFA dan KFD kemudian disalurkan seminggu sekali terhadap tenaga kesehatan yang menjadi prioritas.

Adapun paket produk vitamin dan suplemen makanan itu terdiri atas Fituno (suplemen makanan untuk membantu memelihara daya tahan atau imunitas tubuh), Nutrimax vit C Plus isi 30, dan Nutrimax vit D3 1000 IU isi 60. "Inilah momentum tepat bagi kita semua untuk peduli kepada mereka," katanya.

Agus juga menegaskan bahwa KFA dan KFD segera menyalurkan bantuan ini kepada para nakes yang menjadi prioritas.

KFA dan KFD akan menyalurkan bantuan ini setiap satu pekan sekali. Untuk tahap pertama akan diberikan kepada para nakes di Kota Surabaya (Jawa Timur) dan Kudus (Jawa Tengah). Untuk penyaluran perdana sekitar 10.000 paket vitamin dan suplemen.

"Jadi, 100 persen atas ide dan inisiasi Kimia Farma Group yang merasa terpanggil untuk ikut membantu para nakes. Kami sepakat membuat program ini dengan melibatkan konsumen atau pelanggan kami tanpa merugikan mereka. Kami berharap bantuan ini bisa menjadi dukungan fisik dan mental para nakes yang tanpa lelah terus bekerja merawat para pasien positif COVID-19," katanya.

Pewarta: Royke Sinaga

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021