Pangkalpinang (Antara Babel) - Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, M Irwansyah menyatakan Seleksi Tilatil Quran (STQ) ke-23 dapat dijadikan wadah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat.

"Kegiatan STQ ini sebagai ajang seleksi qori-qoriah yang berkualitas, sekaligus mewujudkan pengamalan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari," kata dia pada pembukaan STQ ke-23 di Pangkalpinang, Senin malam.

Peserta STQ tahun ini adalah sebanyak 135 orang yang terdiri atas 130 orang pemenang tilawatil Quran tingkat kecamatan tahun 2015 dan lima orang pemenang tilawatil Quran tahun 2014. Mereka berasal dari tujuh kecamatan yang ada di Kota Pangkalpinang.

Peserta dari Kecamatan Taman Sari tercatat sebanyak 18 orang,  Gerunggang 26 orang, PangkalBalam 19 orang, Bukit Intan 16 orang,  Rangkui 21 orang, Girimaya 17 orang, dan Gabek 18 orang.

"Para peserta ini merupakan para pemenang STQ tingkat kecamatan," katanya.

Ia menjelaskan, STQ bertujuan untuk mewujudkan pengamalan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari serta meningkatkan seni baca dan pengamalannya.

"Mudah-mudahan dengan adanya STQ ini dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan moral masyarakat dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Cabang perlombaan STQ itu sendiri meliputi tartil, tilawah dan hipzil Quran.

"Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa tropi, uang pembinaan  dan bonus," ujarnya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015