Gubernur Kepulauan Bangka Belitung memberikan apresiasi keberhasilan kegiatan serbuan vaksin COVID-19 yang digelar Pangkalan TNI Angkatan Laut daerah yang digelar di Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok.

"Kegiatan vaksinasi berjalan cukup rapi, teratur dan sesuai protokol kesehatan sehingga para peserta vaksin dari kelompok warga maritim terlayani dengan baik dan proses berjalan lancar," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat mengunjungi Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok, Jumat.
 
Peninjauan serbuan vaksin COVID-19 di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok. (ANTARA/Dok. Pen. LANAL BABEL) (ANTARA/ Donatus DP)


Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk warga pesisir dan para pekerja yang bergerak di bidang kemaritiman di lingkungan Pelabuhan Tanjungkalian Mentok tersebut merupakan vaksinasi kedua yang dilaksanakan Pos Angkatan Laut Mentok jajaran Pangkalan TNI AL Babel bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, RSUD Sijiran Setason dan Puskesmas.

Gubernur Erzaldi menyampaikan terima kasih kepada warga maritim yang antusias untuk melaksanakan vaksinasi terlebih kepada TNI AL Lanal Babel dan Dinas Kesehatan yang telah menyelenggarakan vaksinasi tahap dua tepat waktu sesuai ketentuan urutan yang mendaftar.

Dalam kunjungan perdana di Bangka Barat, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Babel Kolonel (P) Fajar Hernawan mengatakan kegiatan serbuan vaksinasi masyarakat maritim adalah sebagai tindak lanjut perintah KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka mempercepat program Pemerintah vaksinasi COVID-19 guna memutus mata rantai penyebaran viru di daerah itu.

"Kabupaten Bangka Barat masuk dalam PPKM level 4 tentunya hal ini menjadi perhatian kita bersama, kami mengimbau masyarakat di daerah ini, khususnya yang berada di Pelabuhan Tanjungkalian sebagai pintu masuk warga dari Palembang tetap patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M agar kembali ke zona hijau," kata Danlanal Fajar Hermawan.

Ia menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi tahap dua yang digelar di Pelabuhan Tanjungkalian menggunakan vaksin Sinovac, diikuti warga berusia 18 tahun ke atas sebanyak 356 orang.

Untuk melakukan penyuktikan vaksin tersebut, tim vaksinasi didukung sebanyak empat orang terdiri dari Bidang Kesehatan Lanal Babel, yaitu satu dokter dan tiga orang tenaga kesehatan, sedangkan dari RSUD Sijiran Setason tujuh orang yang terdiri dari dua dokter dan lima tenaga kesehatan, sedangkan dari Puskesmas Mentok 11 orang terdiri dari satu dokter dan 10 orang tenaga kesehatan.

Kegiatan yang digelar di kawasan Pelabuhan tanjungkalian tersebut mendapatkan perhatian dan dikunjungi langsung Gubernur, Kapolda, Danrem 045/Gaya, Danlanal, Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat, Kepala KKP Pangkalpinang,  dan sejumlah pejabat forkopimda daerah setempat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021