Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Algafry Rahman, meminta pasian COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) melapor kepada tim gugus tugas terdekat untuk memudahkan pemantauan dan penanganan medis.

"Jika luput dari pendataan petugas, kami minta isoman melapor sehingga pemerintah bisa melakukan upaya penanganan," katanya di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan kondisi rumah karantina (RK) saat ini belum memungkinkan untuk menampung semua pasien yang positif terpapar virus corona.

"Sehingga ada sebagian warga menjalankan isolasi mandiri, baik atas permintaan sendiri maupun permintaan petugas," ujarnya.

Namun demikian, kata dia, pasien yang isoman tetap dalam pantauan dan pengawasan tim Satgas COVID-19.

"Bukan berarti pasien isoman dibiarkan saja begitu, makanya kalau ada yang luput, pasien isoman berinisiatif melapor," ujarnya.

Ia mengatakan pasien yang menjalani isolasi mandiri selain mendapatkan penanganan medis juga bantuan sosial berupa bahan kebutuhan pokok.

"Pemerintah tentu tidak tinggal diam, dalam situasi dan kondisi saat ini, apalagi adanya aturan PPKM tentu saja pemerintah wajib meningkatkan responsif terhadap keadaan yang ada," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021