Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan pelatihan tingkat dasar kepada para calon pelatih Cabang Olahraga Panahan daerah setempat pada Sabtu dan Minggu(15/8) di Gedung Laboratorium Kesenian SMA Muhammadiah Toboali. 

"Pelatihan ini diberikan kepada para Pelaku Olahraga Panahan yang tergabung dalam Club Perpani Basel yang telah dibina beberapa waktu lalu,"kata Ketua Perpani Bangka Selatan Saryadi di Toboali, Minggu (15/8).

Disampaikannya pelatihan ini diikuti sebanyak 14 orang peserta yang berasal dari berbagai Club, Komunitas, Rumah Sekolah, Intansi Terkait dan Masyarakat umum yang menggeluti Olahraga Panahan di daerah ini serta perwakilan dari kota Sungailiat dan Pangkalpinang.

"Untuk peserta kita batasi karena selain untuk  menerapkan prokes kita juga melakukan seleksi terlebih dahulu kepada calon peserta yang harus sesuai dengan kriteria yang telah kita tetapkan,"kata dia.

Menurut Saryadi pelatihan ini sangat penting karena menyangkut dengan hal pembinaan yang terstruktur dan terarah serta berkesinambungan agar bisa dapat membuka Club, Komunitas, Eskul lebih banyak lagi serta bisa menghasilkan atlet yang berprestasi.

"Bagaimana mau menghasilkan atlet yang berprestasi kalau dilatih oleh pelatih yang tidak mumpuni di bidangnya, oleh sebab itu kita gelar kegiatan ini,"kata dia.

Ia mengatakan salah satu tolak ukur keberhasilan suatu kegiatan itu yaitu harus di isi oleh orang yang berkompeten di bidangnya dan memang memiliki kemauan untuk maju.

"Dapat kita bayangkan kalau atlet yang dilatih oleh pelatih yang tidak berkompeten dan tidak memiliki keahlian di bidangnya, tentu tidak akan mendapatkan atlet yang berprestasi,"katanya.

Dijelaskannya untuk pemateri kegiatan ini berasal dari Ketua II Perpani Babel yang juga sekaligus seorang pelatih di salah satu Club Panahan di Babel.

"Para peserta yang lulus nanti akan mendapatkan sertifikat sebagai pelatih panahan tingkat dasar dan bisa melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi,"kata dia.

Dirinya berharap Cabang Olahraga lain yang berada dalam pembinaan KONI Bangka Selatan juga melakukan pelatihan untuk para pelatih agar prestasi olahraga di daerah ini bisa maju.

"Semoga cabor lain dapat melaksanakan kegiatan ini juga sehingga pembinaan kedepan akan dapat mencapai kesuksesan,"harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021