Jakarta (Antara Babel) - Sekretaris Fraksi Partai Demokrat di DPR RI, Didik Mukrianto mengatakan, kader partai menginginkan Susilo Bambang Yudhoyono memimpin langsung Demokrat untuk lima tahun kedepan.

"Kader Demokrat ingin Pak SBY yang memimpin langsung partai dan kami yakin beliau fokus membesarkan partai dan mengelolanya langsung," katanya di Gedung Nusantara I, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan, saat Kongres Luar Biasa Demokrat pada 2012 yang memunculkan posisi Ketua Harian partai. Posisi itu menurut dia didasari SBY sebagai Ketua Umum Demokrat juga mengemban amanah sebagai Presiden RI saat itu.

"Pak SBY saat itu diminta menjadi Ketua Umum dan beliau juga menjabat Presiden RI. Untuk tugas keseharian partai maka muncul ketua harian," ujarnya.

KLB Demokrat di Bali menurut Didik, pengurus Demokrat berpikir untuk menyelamatkan partai dari keterpurukan.

Demokrat saat itu terpuruk karena isu korupsi yang menghantam sejumlah kader, namun saat suara Demokrat naik, ternyata survey SBY malah meningkat.

"Kader memohon agar SBY jadi Ketua Umum di Bali. Saat itu SBY menjadi presiden, maka tugas kepartaian sehari-hari jadi Ketua Harian," ujar Anggota Komisi III itu.

Partai Demokrat menurut dia akan membahas masa depan keberadaan Ketua Harian di Kongres ke-III pada 11-13 Mei 2015, karena saat ini SBY tidak lagi menjabat Presiden RI.

Pewarta: Imam Budilaksono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015