Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan kualitas para calon kepala sekolah agar semakin bijaksana dalam pengelolaan sekolah dan mampu membantu mewujudkan cita-cita pendidikan di daerah itu.

"Berbagai pelatihan dan pendampingan terus dilakukan agar para pengelola sekolah semakin paham dan terampil sehingga bisa berperan serta dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan generasi penerus," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Rabu.

Guna meningkatkan kualitas para pengelola sekolah di daerah itu, selama ini Pemkab secara rutin menggelar pelatihan kepada para guru, kepala sekolah dan calon kepala sekolah yang ada di daerah itu.

"Seperti yang sedang kita laksanakan hari ini hingga 11 September 2021, kita berikan pelatihan kepada para calon kepala sekolah melalui diklat yang dipandu narasumber berkompeten," katanya.

Melalui kegiatan itu diharapkan para peserta dapat belajar tata cara mengatur sekolah, para guru dan karyawan, serta pengelolaan administrasi dengan baik, hal ini dibutuhkan saat mereka nanti diserahi tugas menjadi kepala sekolah.

"Bangka Barat mengharapkan sosok kepala sekolah yang energik, cerdas, arif dan bijaksana dalam mengelola sekolah dan mendidik para siswa. Dengan adanya diklat ini diharapkan bisa menambah ilmu dan memahami karakter, serta perilaku siswa," Sukirman.

Untuk itu, diharapkan para peserta pelatihan mampu menggunakan kesempatan tersebut dengan baik agar bermanfaat kepada orang lain.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat, Rukiman menjelaskan pelatihan selama lima hari tersebut diikuti 39 orang peserta, terdiri dari lima orang calon kepala SMP, dua tingkat TK, dan 32 orang calon kepala sekolah dasar yang ada di seluruh Bangka Barat.

"Dari 50 calon peserta hanya 39 orang yang memenuhi kriteria, diklat ini tetap menjalankan protokol kesehatan ketat, masing-masing peserta telah di tes usap antigen," katanya.

Dinas Dikpora Bangka Barat bekerja sama dengan Pokja Peningkatan Kompetensi Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) dalam menggelar kegiatan tersebut.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021