Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggratiskan biaya uji usap (swab) antigen bagi 1.032 peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 di daerah itu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya di Tanjung Pandan, Selasa mengatakan pembebasan biaya uji usap antigen tersebut dilakukan guna membantu meringankan beban peserta seleksi CASN 2021.

"Biaya rapid test antigen bagi peserta CASN 2021 semuanya memang sudah digratiskan sehingga tidak memberatkan mereka," katanya.

Menurut dia, sehari sebelum mengikuti pelaksanaan tes SKD CASN 2021 para peserta diwajibkan melakukan pemeriksaan swab antigen COVID-19 di fasilitias pelayanan kesehatan yang telah ditentukan sebelumnya.

"Mereka juga wajib membawa dan melampirkan hasil swab antigen bebas COVID-19 sebelum masuk ke ruangan ujian nanti," ujarnya.

Ia menambahkan, bagi peserta yang terkonfirmasi positif COVID-19 maka diminta untuk segera melapor kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) sehingga bisa mengikuti ujian susulan setelah menjalani masa isolasi penyembuhan COVID-19.

"Mereka tida akan dirugikan nanti ada ujian ulang atau susulan selanjutnya. Namun mereka harus melaporkan pada hari pemeriksaan itu juga paling lambat pukul 16:00 WIB nanti didaftarkan di sana tes khusus," katanya.

Ia menjelaskan, SKD CASN 2021 di daerah ktu mulai dilaksanakan pada hari ini dengan diikuti sebanyak 1.032 dan akan berlangsung selama tujuh hari ke depan.

"Namun tesnya tidak di sini semua ada yang di daerah lainnya seperti Makassar karena memang boleh dilakukan secara daring," ujar dia.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021