Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Pangkalpinang memprakirakan kondisi cuaca di seluruh wilayah Provinsi Bangka Belitung diselimuti awan dan berpeluang hujan dengan intensitas ringan berlaku Minggu (3/5) mulai pukul 07.00 WIB.

"Berdasarkan pantauan satelit cuaca, tujuh kabupaten dan kota di wilayah Babel diprediksi akan turun hujan dengan intensitas ringan," kata staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang Akhmad Fadholi, Sabtu.

Menurut dia, hujan di wilayah ini akan disertai angin dengan kecepatan mencapai 20 kilometer per jam rata-rata bergerak dari selatan menuju barat.

"Kecepatan angin ini masih sama seperti beberapa hari yang lalu dan belum ada peningkatan signifikan dengan perubahan cuaca yang terjadi saat ini," katanya.

Sementara itu, kata dia, kondisi gelombang laut di perairan Babel perlahan-lahan mulai normal bila dibandingkan beberapa hari yang lalu.

"Ketinggian gelombang laut di perairan tersebut berkisar antara 0,5 sampai 1,3 meter atau sedikit lebih rendah dari beberapa hari sebelumnya yang tercatat mencapai 1,5 meter," katanya.

Sedangkan kondisi angin di perairan tersebut, lanjut Akhmad, masih tergolong kencang yakni mencapai kecepatan hingga 28 kilometer per jam.

Ia mengatakan, walaupun kondisi gelombang di perairan Babel mulai normal, namun pihaknya tetap mengimbau kepada nelayan, terutama nelayan yang melaut menggunakan perahu kecil seperti sampan untuk tetap siaga dan meningkatkan kewaspadaan.

"Kami tetap mengimbau nelayan tradisional untuk tetap berhati-hati saat melakukan aktivitas melaut, karena cuaca di perairan tidak menentu dan sering berubah-ubah," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015