Bupati Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Burhanudin mengatakan pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Kodim 0414 Belitung di desa Kelubi Kecamatan Manggar membantu percepatan pemerataan pembangunan di daerah setempat.

"Kegiatan TMMD yang dilakukan secara terpadu dan lintas sektoral hadir guna mendukung program pemerintah dalam rangka mempercepat pembangunan di daerah," katanya usai memimpin apel pembukaan pelaksanaan TMMD ke-112 Kodim 0414 Belitung di Manggar, Kamis.

Menurut dia, pelaksanaan TMMD dapat menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi setiap persoalan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

"Kegiatan TMMD secara rutin dilaksanakan setiap tahun melalui program yang sinergis antara pemerintah pusat dan daerah terutama dalam hal pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat dan desa," ujarnya.

Dirinya mengapresiasi pelaksanaan TMMD ke-112 Kodim 0414 Belitung yang dipusatkan di desa Kelubi, Kecamatan Manggar dengan membangun permukaan jalan menuju destinasi wisata Batu Begalang sepanjang 2,5 kilometer, pembangunan gorong-gorong tiga unit, pembuatan MCK dua unit dan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak dua unit.

"Kegiatan ini merupakan aplikasi peran TNI dalam membangun desa yang mana manfaatnya sangat dirasakan langsung oleh masyarakat," katanya.

Dirinya berharap, selain melakukan pembangunan fisik pelaksanaan TMMD juga dapat mendekatkan TNI dengan masyarakat dalam situasi dan kondisi saat ini.

"Masyarakat rasa ada memiliki dengan TNI dan TNI benar-benar menjadi manunggal dengan masyarakat," ujarnya.

Sementara Dandim 0414 Belitung, Letkol (Inf) Mustof Akbar di Manggar Rabu, mengatakan TMMD ke-112 di desa Kelubi berlangsung mulai 15 September hingga 14 Oktober dengan melibatkan sebanyak 150 personel.

Menurutnya, selain memiliki sasaran fisik, pelaksanaan TMMD juga memiliki sasaran non fisik seperti penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, ceramah agama dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

"Kami harapkan melalui pelaksanaan TMMD ini TNI dapat lebih manunggal dan menyatu dengan masyarakat tanpa ada sekat dan jarak apapun," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021