Sungailiat (Antara Babel) - Kantor Perpusatakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar lomba cerita untuk tingkat sekolah dasar sederajat guna mengembangkan kretivitas siswa dalam bercerita.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka, Ferry Insani, di Sungailiat, Selasa, selain mengembangkan kretivitas siswa dalam bercerita dan mendongeng, kegiatan itu juga dapat meningkatkan keterampilan dan hobi bagi siswa peserta lomba.

"Kreativitas ini harus dijaga dan ditingkatkan, sehingga bisa lebih terampil dan menjadi hal yang berguna bagi masa depan mereka," katanya.

Dia mengatakan melalui cerita atau mendongeng dapat pula menumbuhkembangkan khazanah budaya bangsa yang memiliki keanekaragaman budaya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka, Husaidi, mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin dalam mengembangkan minat bercerita siswa dan membantu pendidikan Bahasa Indonesia dan mengembangkan materi muatan lokal.

"Mereka dididik untuk bisa bercerita dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar," katanya.

Kegiatan ini akan dilangsungkan beberapa hari dengan mengedepankan tema bercerita keadaan sekitar dan juga legenda Bangka.  
    
Lomba diikuti sebanyak 50 orang siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasyah Ibtidayah perwakilan UPTD masing-masing kecamatan se-Kabupaten Bangka.

Tema kegiatan lomba bercerita, yakni "Melalui Cerita Rakyat Kita Tumbuh Kembangkan Gemar Membaca dan Kecintaan Budaya Daerah Guna Mewujudkan Bangka Pintar dan Bermartabat", katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015