Koba (Antara Babel) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung mulai menyeleksi calon yang akan diusung dalam pemilihan kepala daerah serentak tahun 2015.

"Pendaftaran dan penyeleksian calon dilakukan secara terbuka, tentu kami mendukung calon yang lebih layak dan sesuai persyaratan," ujar Sekretaris Tim Penjaringan PDIP Bangka Tengah, Andre Ristian di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, calon yang diusung PDIP tentu memiliki kredibelitas dan elektabilitas yang tinggi karena akan sangat mempengaruhi perolehan suara dalam pemilihan kepala daerah nanti.

"Peserta yang ingin mendaftar terbuka untuk semua kalangan, tidak hanya dari kalangan kader tetapi juga dari tokoh masyarakat yang ingin menggunakan kendaraan PDIP untuk mencalonkan diri," ujarnya.

Ia menjelaskan, seleksi dan penjaringan calon yang akan diusung PDIP dalam pemilihan kepala daerah bukan sebatas formalitas saja tetapi membuktikan bahwa partai politik ini benar-benar serius mencari orang yang tepat untuk diusung.

"Setidaknya penyeleksian secara terbuka ini menunjukkan bahwa PDIP membuka ruang kepada siapa saja yang merasa memiliki kemampuan untuk memimpin daerah ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, penyeleksian calon secara terbuka ini untuk mengakomodir keinginan masyarakat yang sudah merindukan pemimpin yang memiliki integritas, kredibelitas dan kualitas yang baik.

"Setidaknya ini menjadi tanggung jawab partai politik untuk menyodorkan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang betul-betul sesuai dengan keinginan publik," ujarnya.

Menurut dia, pemimpin yang memiliki kualitas itu juga ditentukan oleh partai politik yang mengusungnya dan itu dimulai dengan penjaringan yang dilakukan di partai politik.

"Tentu PDIP tidak sembarangan mengusung calon yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah, harus layak jual dan bisa memenangkan pertarungan politik ini," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015