Program mobil sehat PT Timah Tbk memberikan pelayanan gratis kepada warga yang tinggal di pelosok Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di daerah itu.

"Warga cukup antusias memanfaatkan kehadiran mobil sehat PT Timah, kami berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan rutin agar warga lebih dekat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Kepala Desa Airputih, Ayun Permana di Mentok, Jumat.

Menurut dia, kehadiran mobil sehat PT Timah mendapatkan sambuatan baik dari warga setempat, sekitar 100 warga dari lima dusun di Desa Airputih mengantre sejak pagi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, baik berupa pemeriksaan maupun berobat.  
 
Pelayanan mobil sehat PT Timah Tbk di Desa Airputih, Kabupaten Bangka Barat. ANTARA/ Donatus DP


Mobil sehat merupakan salah satu program unggulan perusahaan milik negara tersebut untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga.

"Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dari PT Timah Tbk yang selama ini selalu hadir di tengahmasyarakat dan peduli membantu kebutuhan warga di desa ini," ujarnya.

Menurut Ayun, PT Timah sudah sering hadir langsung di tengah warga di desa tersebut dan memberikan bantuan riil sesuai kebutuhan, seperti kebun kelompok wanita, peternakan ayam, pembuatan kompos, alokasi kebun warga, penyediaan toilet sehatdan beberapa kegiatan lain yang sangat membantu masyarakat.

"Kami berharap program mobil sehat PT Timah Tbk ini terus berjalan rutin dan kegiatan sektor ekonomi lain juga bisa dibantu demi kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Sumiati warga Dusun Tanjungular, Airputih mengaku senang mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis pada kegiatan mobil sehat PT Timah.

"Selain gratis, jarak tempuh cukup dekat, pelayanan cepat dan para tenaga kesehatan juga ramah dalam memberikan pelayanan kepada pasien," kata Sumiati.

Hal senada dikatakan peserta berobat lainnya, Lo Kwet Bun yang selama ini mengalami gangguan jantung dan mendapatkan pelayanan mobil sehat.

"Sejak 2015 periksa rutin di RS Bakti Timah, syukur ada perubahan positif dan kehadiran mobil sehat di kampung kami sangat membantu, dekat dan mudah kontrol. Kalau bisa kegiatan ini rutin dilaksanakan agar semakin bermanfaat bagi warga yang tinggal jauh dari unit pelayanan kesehatan ini," katanya.

Pada kegiatan yang digelar di halaman Kantor Kepala Desa Airputih tersebut dihadiri beberapa pejabat PT Timah Tbk, antara lain General Manajer Bangka Belitung Robertus Bambang Susilo, Kepala Bidang Administrasi Unit Metalurgi Mentok Arif Yudianto, CSR Timah, Mitra PT Timah, tokoh masyarakat, dan perangkat desa setempat.

Pewarta: Donatus DP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021