Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Mulkan mendorong kelompok sadar wisata (Pokdarwis) memaksimalkan pengelolaan objek wisata di daerah guna meningkatkan pendapatan desa.

"Saya mendorong peran aktif pokdarwis di tingkat desa maupun setingkat lingkungan untuk memaksimalkan pengelolaan objek wisata yang dimiliki di desa masing-masing," katanya di Sungailiat, Sabtu.

Dia mengatakan pokdarwis merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan di daerah.

"Setiap desa memiliki kekayaan potensi wisata mulai dari pantai, air terjun, sampai dengan waduh bekas tambang biji timah, yang mempunyai keindahan tersendiri," jelasnya.

Bupati optimis semua objek wisata jika dikelola dengan baik mampu membantu meningkatkan pendapatan desa, terlebih sektor kepariwisataan merupakan salah satu sektor unggulan.

"Sebagai mitra pemerintah daerah, pokdarwis berada diposisi terdepan dalam mewujudkan pembangunan kepariwisataan di tingkat desa atau lingkungan," kata Bupati Mulkan.

Mulkan menyarankan pihak pokwardis untuk meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah melalui dinas terkait agar tercipta sinkronisasi dalam mengembangkan destinasi wisata. Dalam membangun suatu daerah harus dilakukan bersama-sama mulai dari pemerintah, swasta, dan peran aktif masyarakat.

"Sektor pariwisata di wilayah Kabupaten Bangka berada pada posisi sektor utama yang terus dikembangkan termasuk juga kegiatan masyarakat penyangga pariwisata," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Bangka secara bertahap melakukan peningkatan infrastruktur pendukung kepariwisataan daerah, seperti perlebaran jalan menunu pusat wisata Tanjung Pesona dan sekitarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021