Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong pengembangan usaha perajin miniatur perahu kater.

Wakil Ketua Dekranasda Belitung Timur, Purwenda Puspitasari di Manggar, Jumat, mengatakan usaha kerajinan tangan miniatur perahu kater memiliki prosfek bisnis cukup bagus dikembangkan untuk mendukung dunia kepariwisataan.

"Kita terus dorong dan melakukan pembinaan kepada perajin miniatur perahu kater khas daerah," ujarnya.

Miniatur perahu kater khas Belitung Timur cukup diminati para wisatawan yang berkunjung sebagai buah tangan dan kenang-kenangan saat berada di daerah yang dijuluki Negeri Laskar Pelangi itu.

"Kita juga terus dorong pemerintah daerah untuk menyalurkan bantuan kepada perajin ini, seperti yang dilakukan kepada Zakaria, seorang perajin miniatur perahu kater di Manggar," ujarnya.

Sementara itu, Zakaria seorang perajin miniatur perahu kater di Manggar mengaku sudah menggeluti usaha tersebut sejak 2002.

"Usaha ini memiliki prosfek bagus, namun harus sabar dan tekun karena usaha ini penuh dengan kreatifitas dan nilai seni," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021