Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav Indonesia) mendukung pengembangan sektor kepariwisataan mangrove di Tanjung Pandan Belitung.

"Kami mendukung sektor kepariwisataan mangrove di Tanjung Pandan dengan salah satu cara menyalurkan bantuan perahu kepada pengiat pariwisata yang tergabung dalam Kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKM) Desa Juru Seberang," kata GM Perum AirNav Pangkalpinang Rudy Kusriadi di Tanjung Pandan, Sabtu.

Dia mengatakan, bantuan berupa perahu tersebut diharapkan membantu mempermudah transportasi wisatawan yang hendak melihat lebih dekat kawasan hutan mangrove.

"Saya berharap dukungan dan bantuan yang kami salurkan tersebut mampu membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," jelasnya.

Dengan bantuan empat unit perahu itu,selain mempermudah sarana transportasi pengunjung juga dapat dipergunakan sarana pendukung bagi masyarakat merawat kawasan hutan mangrove.

Kawasan hutan mangrove selain bermanfaat menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat, hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman untuk mencegah bencana alam sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik dalam maupun wisatawan luar negeri.

"Saya sarankan masyarakat terutama yang berada dekat kawasan hutan mangrove maupun masyarakat umum lainnya benar-benar dapat menjaga kelestarian hutan mangrove sehingga dapat diwariskan ke generasi akan datang," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021