Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, memprakirakan tinggi pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka mencapai 2,44 meter mulai berlaku Minggu (24/5) pukul 01.00 WIB.

"Kepada warga di pesisir pantai dan juga nelayan di daerah Sungailiat dan sekitarnya diimbau untuk mewaspadai ketinggian air pasang tersebut karena dapat membahayakan keselamatan jiwa," ujar Staf Koordinator Unit Analisis pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Eva Diana Prihatiningsih di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menjelaskan, tinggi pasang air laut di Membalong (Kabupaten Belitung) mencapai 2,38 meter, Toboali (Kabupaten Bangka Selatan) 2,01 meter, Muntok (Kabupaten Bangka Barat) berkisar 1.79 meter.

Sementara itu, di Kelapa Kampit (Kabupaten Belitung Timur) berkisar 1,76 meter, Belinyu (Kabupaten Bangka) 1,74 meter dan Tanjungpandan berkisar 1,67 meter
    
Ia mengimbau, kepada nelayan agar meningkatkan kewaspadaan sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak terduga selama berlayar atau pun melakukan aktivitas lainnya di laut.

"Sebaiknya nelayan lebih waspada dan jangan lupa membekali diri dengan alat keselamatan yang memadai karena kecelakaan di laut dapat berakibat fatal," katanya.

Sementara itu, kata dia, tinggi gelombang di perairan Utara Bangka dan Selat Galasa masing-masing 0,5 - 1,5 meter, dengan kecepatan angin berkisar 12 ¿ 32 kilometer per jam,
    
Kemudian di perairan Selat Karimata dan Selatan Bangka masing-masing 0,5-1,5 meter, dengan kecepatan angin 12-33 kilometer per jam sedangkan di perairan Selat Bangka berkisar 0,3 - 1,3 meter dengan kecepatan angin 10-28 kilometer per jam.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015