Sebanyak 10 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung mengikuti pelatihan desain bisnis yang digelar oleh Bank Indonesia bersama Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Pelatihan ini kita gelar untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan para mahasiswa agar nanti mereka dapat membuka peluang usaha untuk diri sendiri dan orang lain," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Elfiyena di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, pelatihan desain bisnis ini di sponsori oleh Bank Indonesia dan Disnakertrans Babel hanya memfasilitasi tempat pelatihan saja. Kolaborasi dan sinergisitas pemerintah dan mitra terkait seperti Bank Indonesia sangat dibutuhkan untuk menciptakan wirausaha baru bagi mereka yang masih produktif. 

"Disini kita saling berkolaborasi menggerakkan mahasiswa maupun  komunitas agar mereka mengambil peluang untuk ikut pelatihan-pelatihan seperti ini sehingga nanti mereka memiliki keahlian," ujarnya. 

Kepala Department Ekonomi Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Beliin (BEM FE-UBB), Suharta mengatakan, pelatihan ini pertama kalinya digelar untuk para mahasiswa FE-UBB.

"Adanya pelatihan ini kita harap bisa menumbuhkan jiwa bisnis untuk mahasiswa karena nantinya akan menjadi reward untuk diri mereka sendiri," ujarnya.

Pelatihan desain bisnis yang diikuti 10 mahasiswa FE-UBB ini berlangsung selama 10 hari, dengan jam belajar selama tujuh jam perhari.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021