Koba (Antara Babel) - Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung menyabet 18 medali emas dalam kejuaraan daerah (kejurda) pelajar tingkat Provinsi Bangka Belitung yang digelar di Kabupaten Bangka, 19-23 Mei 2015.

"Bangka Tengah berhasil meraih 18 medali emas dan berada urutan kedua dari tujuh kabupaten/kota," kata Kabid Pemuda dan Olahraga pada Disbudparpora Bangka Tengah, Win Iskandar di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, Bangka Tengah berada urutan dua setelah berhasil meraih sebanyak 18 medali emas, 10 perak dan 16 medali perunggu.

"Ini prestasi yang membanggakan karena pada 2013 Bangka Tengah berada urutan lima dari tujuh kabupaten/kota," ujarnya.

Ia menjelaskan, Bangka Tengah mengikuti enam cabang olahraga dalam kejurda itu yaitu atletik, senam, renang, sepak takraw, voli pantai dan cabang olahraga karate.

"Prestasi tersebut menjadi modal sangat penting karena pada 2016 Kabupaten Bangka Tengah akan bertindak sebagai tuan rumah dalam ajang Popda," ujarnya.

Dalam Popda itu sendiri Bangka Tengah akan turun di sembilan cabang olahraga yaitu atletik, voli indor, basket, sepak takraw, bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, pencak silat dan sepak bola.

"Dari sekarang sudah dilakukan pembinaan kepada atlet yang akan diterjunkan dalam ajang Popda sambil mencari bibit atlet baru untuk bisa berlaga dalam ajang Popda," ujarnya.

Ia mengatakan, Bangka Tengah sebagai tuan rumah menargetkan meraih juara umum dalam Popda mendatang.

"Justru itu kami sudah mempersiapkan dari sekarang, baik atlet maupun fasilitas pendukung lainnya," ujarnya. 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015