Pangkalpinang (Antara Babel) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menambah fasilitas terminal penumpang untuk menunjang kenyamanan para pemudik Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah.

"Saat ini, terminal penumpang kapal laut di Pelabuhan telah dilengkapi ruang tempat menyusui, penambahan kursi di ruang tunggu penumpang, air bersih dan kipas angin, AC dan fasilitas lainnya," kata Kepala KSOP Pangkalbalam Adriawan Simanungkalit di Pangkalpinang, Sabtu.

Selain itu, kata dia, menjelang arus mudik tahun ini, keamanan di terminal pelabuhan diperketat untuk mencegah kriminalitas yang meresahkan calon penumpang kapal laut.

"Mudah-mudahan dengan peningkatan fasilitas di terminal pelabuhan ini, calon penumpang kapal akan lebih aman, nyaman dan tertib," harapnya.

Menghadapi arus mudik tahun ini, kata dia, pihaknya telah menyediakan tujuh unit kapal penumpang untuk mengantisipasi lonjakan calon penumpang kapal yang akan merayakan Idul Fitri di kampung halamannya.

Tujuh unit kapal angkutan lebaran tersebut terdiri dari enam kapal jenis ro-ro rute pelayaran Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, dengan kapasitas penumpang berkisar 2.000 orang per kapal.

Sementara satu unit kapal lainnya jenis kapal cepat dengan rute pelayaran Pelabuhan Pangkalbalam (Pulau Bangka) tujuan Pelabuhan Tanjung Pandan (Pulau Belitung), berkapasitas 350 orang penumpang.

"Mudah-mudahan tujuh unit kapal yang disediakan ini mencukupi dan tidak terjadi penumpukan penumpang di terminal pelabuhan," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015