Sebanyak 188 atlet dari berbagai daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) turun di kejuaraan tenis Babel Sport Games 2021 di Pangkalpinang.

"Kejuaraan tahun ini diikuti 94 pasangan atau 188 atlet yang berasal dari berbagai daerah di Babel, yaitu Pangkalpinang, Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Belitung," kata Kepala Bidang Olahraga Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Harun, di Pangkalpinang, Sabtu.

Menurut dia, kejuaraan Tenis Babel Sport Games 2021 mempertandingkan empat kategori, yaitu ganda putra bebas diikuti 21 pasangan, ganda putri 24, ganda putra usia di atas 45 tahun diikuti 12 pasangan, dan ganda putra kategori usia di atas 55 tahun 16 pasangan.

"Kejuaraan tenis merupakan cabang olahraga kelima yang dipertandingkan dalam Babel Sport Games 2021 setelah sepak bola, futsal, bola voli, dan bulu tangkis," katanya menambahkan.

Harun menjelaskan sama seperti cabang olahraga lainnya, kejuaraan tenis ini terlaksana berkat kerja sama antara Pemprov Babel dengan Pengprov Persatuan Tenis Indonesia (PELTI).

Selain untuk mengeratkan silaturahim, kejuaraan ini juga sebagai ajang untuk menjaring bibit-bibit muda atlet tenis lapangan di Babel.

"Dalam kejuaraan ini kita tidak hanya menggelar pertandingan kategori usia tertentu, namun juga ada kategori bebas yang banyak diikuti para petenis muda asal Babel. Hal ini akan baik dalam memberi ruang kompetisi yang baik bagi mereka," kata Harun.

Dengan adanya ajang kejuaraan tersebut, kata dia, diharapkan terbentuk pembinaan dan persaingan sehat sehingga ke depan memberikan dampak positif dalam perkembangan olah raga di daerah itu.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021