Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian meminta seluruh masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat, guna mencegah penularan COVID-19 di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Saya mengajak Pemprov Kepulauan Babel dan masyarakat untuk terus bersinergi, bekerja ekstra serta berpikir lebih kreatif dalam mendukung penanganan pandemi COVID-19," kata Mendagri dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Mendagri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hamdani saat Sidang Paripurna HUT Provinsi Kepulauan Babel ke-21 di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan pendemi COVID-19 ini harus dijadikan sebagai sebuah tantangan dan pemicu untuk terus melakukan percepatan dan perbaikan pelayanan publik secara berkelanjutan dan berkesinambungan melalui inovasi terbaik.

"Pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang optimal serta memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat," katanya.

Sementara Sekretaris Satgas COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa mewajibkan masyarakat dan wisatawan mengikuti buku panduan protokol kesehatan selama liburan Natal dan Tahun Baru 2022, guna mencegah lonjakan penularan COVID-19 gelombang ketiga.

"Saat ini pemerintah telah menerbitkan buku saku panduan aktivitas masyarakat yang pada intinya bagaimana penerapan protokol kesehatan COVID-19 selama liburan Natal dan Tahun Baru 2022," katanya.

Ia menjelaskan akumulasi mingguan dan bulanan kasus terkonfirmasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada prinsipnya sudah mengalami penurunan, sebagai akibat dari kebijakan semua kepala daerah untuk dapat mengisolasi seluruh pasien yang terkonfirmasi positif ke dalam Isolasi Terpadu.

Berdasarkan data terbaru, kasus harian COVID-19 di Babel bertambah delapan dengan kumulatif 52.187 kasus, pasien sembuh bertambah tujuh dengan kumulatif 50.635 orang, kasus kematian akibat virus corona nol dengan kumulatif tetap 1.452 kasus.

"Penurunan kasus harian, mingguan dan bulanan ini, karena semakin meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi serta protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021