Memasuki hujan yang rentan terjadi bencana alam, PT Timah Tbk bersinergi dengan BPBD, Basarnas, TNI dan Polri serta organisasi masyarakat melaksanakan Apel dan di Simulasi Tanggap Bencana, di Lapangan Gelora Muntok, Bangka Barat, Selasa (23/11/2021). 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Linmas dan Pemadam Kebakaran Bangka Barat Sidhartha Gautama  mengatakan, kegiatan yang digagas PT Timah sebagai langkah persiapan seluruh stakeholder di kabupaten Bangka Barat untuk penanggulanggan bencana banjir.

"Memasuki musim pengujung akhir tahun, dimana Bangka Barat yang biasanya langganan banjir, harus merapatkan barisan. Menyiapkan segala sesuatunya terkait dengan upaya penanggulanngan untuk mengguranggi risiko dampak apabila terjadinya bencana banjir. Bangka Barat rawan sekali terkena banjir terutama Muntok," jelas Sidharta. 

Sidhartha melanjutkan, kegiatan ini diikuti berbagai elemen masyarakat, sehingga nantinya jika terjadi bencana alam masing-masing pihak sudah dibekali keterampilan masing-masing untuk menangani bencana. 

 "Kegiatan Apel sekaligus  Simulasi Tanggap Bencana  yang digagas PT Timah melibatkan  semua stekholder, mulai dari PT Timah ,unsur pemerintah, TNI ,POLRI swasta, seluruh organisasi kemasyarakatan, PMI, Senkom, ORARI, PLN, PDAM  semua kita libatkan dalam penanggulangan bencana, karena pada saat terjadinya bencana memang Stekholder itu yang terlibat," ujarnya. 

Dirinya mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah peduli dalam penanggulangan bencana di Bangka Barat, tidak hanya menggelar apel dan simulasi tanggap bencana, PT Timah Tbk juga memberikan beberapa peralatan penanganan bencana. 

"Kita apresiasi kepada PT Timah yang telah menggagas kegiatan ini, tidak hanya ini saja kepeduliaan PT Timah akan bencana alam, tetapi selalu mendukung upaya penanggulanggan bencana seperti memberikan bantuan mesin sedot air, pendirian posko bencana,  perlengkapan banjir, makanan, dan masih banyak bantuan-bantuan lainnya,"sebut Sidartha.

Sementara  itu Kordinator Unit Siaga SAR Muntok Supani menyampaikan  kegiatan ini untuk mengasah ketrampilan Tim penanggunggan Bencana saat terjadi bencana.

"Kegiatan ini untuk  menunjang pelatihan sekaligus mengasah ketrampilan-ketrampilan Tim penanggulan Bencana yang ada di Muntok,” tutupnya

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021